MAKASSAR, – Perkumpulan Usahawan Ponsel Indonesia (PUSPINDO) menggelar Workshop Digital Marketing di Whiz Prime Hotel Hasanuddin Jalan Sultan Hasanuddin, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Minggu (7/7/2024).
Workshop Digital Marketing ini diikuti oleh puluhan teknisi, admin toko dan para pengusaha jasa servis ponsel dari Kota Makassar dan berbagai daerah lainnya. Workshop ini menghadirkan Yoso Lukito, CEO Sekolah Digital Bisnis Indonesia.
Ketua umum PUSPINDO, Sahrul Rahman mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan workshop offline yang melanjutkan kegiatan secara online beberapa waktu lalu selama tiga kali oleh PUSPINDO sebagai penyelenggara
“Kegiatan ini bertujuan untuk memperluas jangkauan audiens dan mendorong pertumbuhan bisnis dengan memperkenalkan dan memperkuat identitas merek serta membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan melalui interaksi yang teratur dan relevan di media sosial, landing page dan website” kata Hasdar, yang juga merupakan Owner Asha Education Centre sekaligus ketua panitia pelaksana.

Workshop Digital Marketing yang diselenggarakan oleh PUSPINDO didukung oleh beberapa pengusaha, termasuk Asha Education Centre, Borneo Flasher Training Centre Indonesia, Sekolah Digital Bisnis Indonesia dan Teknisi Ponsel Indonesia (Tespoin).
Selain kegaiatan ini disponsori oleh LPKS Borneo Flasher Indonesia, ada Toko GMT dengan produk andalannya yaitu LCD OG Super ikut andil dalam kegiatan ini dan Toko Makassar Ponsel yang ownernya berkesempatan hadir lansung di lokasi workshop
“Peserta yang ikut adalah para teknisi, pengusaha jasa servis, dan pelaku usaha penjualan ponsel, komputer, laptop, sparepart, serta tools yang ada di Sulawesi dan berbagai daerah di seluruh Indonesia,” ungkap Hasdar.

Sementara itu, Founder Sekolah Digital Bisnis Indonesia, Yoso Lukito, memaparkan materi tentang bagaimana para pengusaha dapat bersaing di dunia digital.
Baca juga:
Bangun Sinergitas, Pembina dan Penasehat PUSPINDO Audiensi dengan Menparekraf RI
Di sini, dia menjelaskan bagaimana cara para pengusaha dalam pembuatan Digital Marketing atau menaikkan traffic iklan di media sosial.
“Jadi, kami punya konsep bahwa semua UMKM sudah jago digital. Di sini, kami memberikan Digital Leadership, Konsep dasarnya adalah bahwa untuk mendapatkan duit di dunia digital, rumusnya hanya ada tempat dan traffic. Di sini kami sampaikan bagaimana cara membuat tempatnya di Instagram, Facebook, TikTok, website, dan artikel yang benar. Itu yang kami berikan dulu karena itu penting. Setelah itu, bagaimana caranya membuat trafficnya naik,” papar pria pemegang sertifikat Google ini.
Dia juga mengungkapkan perlunya belajar fisiologi Out Down, In Down Digital Marketing agar para pengusaha lebih maksimal dalam pembuatan iklan di media sosial. “Di sini (Digital Marketing) kami berikan semuanya,” ungkapnya saat berbincang dengan wartawan di sela-sela istirahat.
Dia juga berpesan kepada para pengusaha agar tidak cepat puas. Dunia internet terus berubah seiring berjalannya waktu.

“Teman-teman itu tidak boleh puas, karena dunia itu berubah. Karena sesuatu yang abadi itu adalah perubahan, mau tidak mau teman-teman harus mengupdate,” ucapnya.
“Kemudian, ini yang paling penting dalam dunia Marketing: The Best Marketing. Jualan yang benar tidak langsung hard selling seperti orang jualan biasanya, tapi bangunlah dulu personal branding,” tutupnya.